MANFAAT DALAM MEMPELAJARI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA


MANFAAT DALAM MEMPELAJARI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
manajemen sumber daya manusia  adalah proses dan upaya untuk merekrut, mengembangkan, memotivasi, serta melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap sumber daya manusia (SDM) yang dibutuhkan perusahaan dalam mencapai tujuan.
Menurut pendapat saya selama mempelajari manajemen sumber daya manusia banyak manfaatnya dalam penerapannya secara nyata meliputi desain dan implementasi perencanaan, penyusunan karyawan, pengelolaan karir, pengembangan karyawan, evalusi kerjadan hubungan ketenagakerjaan.
Tujuan Manajemen Sumber Daya Menurut Ahli, yaitu:
1. Membuat Kebijakan dan Pertimbangan
2. Membantu Perusahaan Mencapi Tujuan
3. Memberikan Dukungan
4. Menyelesaikan Masalah
5. Media Komunikasi Terbaik
6. Menyiapkan sumber daya manusia utuk menjamin tersedianya tenaga kerja masa kini maupun masa depan, sehingga setiap pekerjaan ada yang mengerjakannya.
7. Kebutuhan Rekrutment untuk kebutuhan dalam kegiatan penarikan karyawan atau pegawai.
8. Untuk memperbaiki kualitas untuk menentukan kualitas dan kuantitas karyawan yang akan mengisi semua jabatan dalam perusahaan.
9. Penghematan Biaya perlu adanya efisiensi penggunaan sumber daya manusia, terutama jika ada karyawan yang kurang produktif.
10. Menjaga Agar Loyalitas karyawan kepada perusahaan harus tetap tinggi dan dijaga.
11. Untuk menghindari terjadinya mismanajemen dan tumpang tindih dalam pelaksanaan tugas.
12. Untuk mempermudah koordinas, integrasi, dan sinkronisasi (KIS) sehingga produktivitas kerja meningkat.
13. Untuk menghindari kekurangan atau kelebihan karyawan.
14. Untuk menjadi pedoman dalam menetapkan program penarikkan, seleksi, pengembangan, kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan, kedisiplinan, dan pemberhentian karyawan.
15.  Menjadi pedoman dalam melaksanakan mutasi (vertikal atau horizontal) dan pensiun karyawan.
16.  Menjadi dasar dalam melakukan penilaian karyawan.
17. Meningkatkan efisiensi dan efektifitas SDM
Jika terdapat pekerja yang sudah tidak maksimal, bisa dialihkan ke divisi yang lain sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Hal ini dilakukan agar kinerja tidak menurun akibat kejenuhan yang dialami jika bekerja dalam 1 bidang yang sama
18. Hemat biaya
Jika organisasi mampu memanajemen SDM dengan baik, maka perekrutan pegawai baru dan pemberhentian pegawai yang sudah terlalu lama akan menghemat pengeluaran perusahaan.
19. Meningkatkan performa pekerja
Dengan motivasi yang selalu diberikan kepada pekerja, hal ini akan menghindari organisasi dengan risiko kemungkinan pekerja mogok kerja, bermalas-malasan, hingga yang terburuk tidak menyelesaikan tugasnya dengan baik.
20. Meningkatkan loyalitas pekerja
Pekerja akan semakin loyal, jika mereka merasa dimiliki, dilihat, dan dihargai oleh organisasi
21. Menciptakan suasana harmonis
Jika tidak terdapat permasalahan antar pekerja, maka suasana nyaman dalam lingkungan kerja akan tercipta.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas home industri sepatu

bisnis kuliner toge goreng betawi

MACET LENTENG AGUNG